Get me outta here!

Monday, May 27, 2019

Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Minat Baca Mahasiswa Semester VI DiPerpustakaan IAIN PADANGSIDIMPUAN”

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah 
      Generasi muda di jaman teknologi seperti sekarang ini lebih suka hal-hal yang instan. Kegiatan tentang membaca buku di gantikan dengan mengotak-atik sebuah gadget seperti menyampaikan SMS, browsing, chatting, mendengarkan musik, sosial media, dan bermain game. 
     Kegiatan membaca merupakan sebuah akitivitas yang sering dilakukan oleh semua kalangan, baik itu membaca buku komik, novel, koran, majalah, maupun bacaan lainnya. Ketersediaan bahan bacaan yang menarik, baik, bermanfaat, dapat memicu timbulnya kebiasaan membaca. Saat ini membaca tidak hanya dengan buku tercetak melainkan juga dengan gadget. Gadget yang lebih fleksibel dan mengefisiensikan waktu dapat membantu menemukan istilah-istilah atau pernyataan dengan cepat tanpa harus membuka lembar per lembar seperti buku.  
      Penggunaaan gadget yang dilakukan oleh semua kalangan hampir memiliki pengaruh dalam menurunkan minat membaca khususnya kalangan mahasiswa. Minat membaca mahasiswa semester 6 IAIN PADANGSIDIMPUAN mengalami penurunan. Keterbatasan koleksi yang tersedia di perpustakaan membuat mahasiswa kurang dalam membaca bacaan di perpustakaan IAIN PADANGSIDIMPUAN. 
      Penggunaan gadget yang dilakukan oleh mahasiswa tidak sepenuhnya digunakan untuk membaca bacaan tentang informasi yang terkait dengan pembelajaran di kampus, tetapi mahasiswa lebih memanfaatkan gadget untuk bersosial media daripada membuka bacaan yang terkait dengan informasi pembelajaran di kampus. 
    Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi di kalangan masyarakat terutama di kalangan mahasiswa menjadi faktor penghambat dalam proses belajar terutama membaca. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik melakukan penelitian ilmiah mengenai “ Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Minat Baca Mahasiswa Semester VI  DiPerpustakaan IAIN PADANGSIDIMPUAN” 

B. Rumusan Masalah 
       Berdasarkan uaraian latar belakang masalah yang telah di paparkan di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan penggunaan gadget dengan minat baca mahasiswa semester 6 IAIN PADANGSIDIMPUAN  

C. Tujuan Penelitian 
     Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan minat baca mahasiswa semester 6 IAIN PADANGSIDIMPUAN.

D. Manfaat Penelitian 
1. Secara teoritis, penelitian di harapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan sosial serta memberi referensi masyarakat dalam memahami permasalahan.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini di harapakan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih mengenai penggunaan gadget.


E. Penjelasan Istilah 
1. Penggunaan gadget
       Dalam kamus umum bahasa Indonesia, penggunaan ialah kata dasar dari guna berarti manfaat, faedah, dan fungsi. Penggunaan berarti proses, perbuatan, cara, menggunakan sesuatu. Dalam kamus Oxford terdapat perbedaan antara gadget dengan barang elektronik yang biasa digunakan orang-orang. Gadget merupakan objek teknologi seperti perangkat atau alat yang memiliki fungsi tertentu dan sering di anggap hal baru.  
2. Minat baca mahasiswa
    Pengertian kata minat dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keingininan. Adapun membaca merupakan melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis. Minat baca merupakan sikap positif dan adanya rasa ketertarikan dalam diri mahasiswa terhadap aktivitas membaca dan tertarik pada buku bacaan. 
3. Perpustakaan 
      Dalam kamus umum bahasa Indonesia, kata dasar perpustakaan adalah pustaka, berarti kitab, buku. Perpustakaan menurut kamus besar bahasa Indonesia, berarti tempat, gedung, ruang yang di sediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya.  

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Defenisi Gadget 
      Gadget merupakan sebuah istilah yang sering di dengar terutama bagi pengguna dan pecinta berbagai macam gadget. Menurut Manimpil gadget juga merupakan alat mekanis yang menarik, karena selalu baru sehingga menimbulkan kesenanga baru kepada penggunannya. Gadget adalah sebuah teknologi yang berkembang pesat dam memilki fungsi khusus di antaranya yaitu smartphone, iphone, dan blackberry. Gadget di defenisikan sebagai barang canggih yang di ciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosail, hobby, bahkan hiburan.  

B. Minat Baca
      Para ahli berbeda pendapat dalam mendefenisikan istilah minat baca. Minat baca seseorang dapat di artikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi, orang tersebut kepada sumber bacaan tertetu, minat baca merupakan sikap positif dan adanya rasa ketertarikan dalam diri seseorang terhadap aktivitas membaca.  

BAB III
METODOLOGI  PENELITIAN

A. Lokasi dan Waktu Penelitian 
      Penelitian ini dilakukan perpustakan IAIN PADANGSIDIMPUAN. Alasan peneliti memilih lokasi ini karena banyak mahasiswa yang membawa gadget ke kampus. Waktu penelitian akan dilakukan selama 15 hari dimulai sejak 23 Mei. 

B. Hipotesis 
       Hipotesis adalah penelitian yang menggunakan pendekata kuantitif.  Hipotesis tersebut akan di uji oleh peneliti dengan menggunakan pendekatan kuantatif. Jenis hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis asosiatif. 

C. Populasi dan Sampel
      Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswa IAIN PADANGSIDIMPUAN sedangkan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 IAIN PADANGSIDIMPUAN. 

D. Validitas 
        Pengajuan validitas dalam penelitian ini menggunakan jenis validitas konstruk yaitu kerangka dari sutau konsep alasan peneliti menggunakan validitas konstruk karena validitas konstruk sederhana dan mudah di pahami dalam melakukan penelitian. 

E. Teknik Pengumpulan Data
1. Observasi
Dalam penelitian ini peneliti menggunkan jenis observasi partisipan. Observasi partisipan adalah orang yang melakukan observasi turut ambil bagian atau berada dalam keadaan objek yang di observasi.
2. Angket 
Angket adalah tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk di jawabnya.
3. Dokumentasi
Dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, dan sebagainya. 

DAFTAR PUSTAKA
Darianto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Opollo, 1997.
Rajab Bahry, Kebiasaan dan Minat Baca, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Shelly Chasman Serries, Discovering Computers: Fundamentals, 3th ed.( Terjemahan),
Jakarta: Salemba Infotek, 2007.
Sutarno, Perpustakaan Dan Masyarakat, Ed.1, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003.
Wiji Suwaro, Perpustakaan Dan Buku: Wacana Penulisan Dan Penerbitan, cet. 1, 
Jakarata: Ar-Ruzz Media, 2011.

Untuk Melihat Kumpulan Makalah  Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Kisah Inspiratif Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Tips Kesehatan Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Humor Sufi Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Cerpen Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan About Islam Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Cerita Lucu Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Wanita Dan Cinta Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan Keluargaku Lophe-lophe Anda Bisa Klik Disini 

Untuk Melihat Kumpulan News Anda Bisa Klik Disini 

0 comments:

Post a Comment